Kamis, 10 April 2014

Ciri-ciri dan Pengertian Hutan Musim: adalah

ciri dan pengertian Hutan musim

Hutan merupakan paru-paru dunia, yang sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat dunia dan lingkungannya. Hutan ada bermacam jenis dan salah satunya adalah hutan musim.


Pengertian Hutan Musim adalah suatu bioma berupa hutan yang biasa ditemukan di wilayah tropika dan subtropika atau iklim monsoon (kemarau dan hujan) dengan macam tumbuhan sejenis. Wilayah-wilayah ini memiliki iklim hangat sepanjang tahun, tapi mengalami musim kering (kemarau) yang tak kalah panjangnya selama beberapa bulan.

Hutan Musim termasuk dalam hutan homogen, karena hanya memiliki satu jenis pohon yang mendominasi. Hutan jenis ini banyak terdapat di wilayah asia dan afrika tengah. Hutan ini juga disebut musiman atau ada pula yang menyebut dengan hutan luruh daun, karena pada musim kering yang panjang banyak tumbuhan terpaksa menggugurkan daun-daunnya.

Ciri Tumbuhan Hutan Musim

Ciri-ciri tumbuhan yang biasanya memenuhi hutan musim adalah pohon-pohon yang tahan dari kekeringan dan termasuk tumbuhan tropofit yang berarti mampu beradaptasi terhadap keadaan kering dan juga keadaan basah. Pada musim kemarau (kering), daun pohon-pohon di hutan musim akan meranggas, sebaliknya pada musim hujan, daunnya akan tumbuh dengan lebat.

Ciri khas atau karakteristik hutan musim adalah:

  1. Tumbuhan yang dapat hidup dalam hutan musim, umumnya adalah tumbuhan tropofit, yaitu tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan musim hujan dan musim kemarau dan tahan terhadap kekeringan.
  2. Pada musim hujan daun tumbuhan akan sangat lebat, namun pada musim kemarau hampir seluruh daunnya rontok.
  3. Tumbuhan yang ada didalamnya akan membentuk formasi musiman, seperti pada musim kemarau daun meranggas untuk mengurangi penguapan.
  4. Nama untuk hutan ini biasanya di ambil dari nama jenis pohon yang mendominasi, misalnya hutan jati, karena yang mendominasi didalamnya adalah pohon jati.

http://hutantani.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar