Rabu, 07 Mei 2014

Jenis-jenis Hutan di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa Jenis Hutan yang kita kenal, ada jenis hutan yang dibedakan menurut jenis tanaman penyusunnya dan ada yang berdasarkan fungsinya. Nah untuk itu, berikut min akan menguraikan Jenis-jenis Hutan di Indonesia

Jenis-jenis Hutan di Indonesia

Jenis-jenis Hutan di Indonesia

Jenis-Jenis Hutan di Indonesia Berdasarkan Fungsinya :

1. Hutan Lindung

Hutan lindung adalah suatu kawasan hutan yang memiliki fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan.

2. Hutan Konservasi.

Hutan Konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan konservasi terdiri atas :

 a. Hutan Suaka alam adalah hutan yang memiliki ciri khas tertentu dengan beberapa fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuh-tumbuhan, satwa liar serta ekosistemnya dengan fungsi nya sebagai wilayah penyangga kehidupan. Dimana, kawasan hutan suaka alam ini terdiri atas suaka margasatwa, cagar alam dan kawasan Taman Buru.
 b. Kawasan Hutan pelestarian alam adalah kawasan hutan yang memiliki ciri khas tertentu, baik yang terdapat didarat maupun yang di perairan dan mempunyai fungsi perlindungan sebagai sistem penyangga kehidupan, juga sebagai pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta sebagai pemanfaatan sumber alam hayati dan ekosistemnya secara lestari. Dimana, kawasan pelestarian alam ini terdiri atas taman nasional, taman hutan raya (TAHURA) dan taman wisata alam.

3. Hutan Produksi

Hutan produksi adalah kawasan hutan yang diperuntukkan guna produksi hasil hutan untuk memenuhi keperluan masyarakat pada umumnya serta untuk pembangunan, ekspor dan industri pada khususnya. Untuk hutan produksi ini, dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu hutan produksi terbatas (HPT), hutan produksi tetap (HP), dan hutan produksi yang dapat dikonversikan (HPK).

Jenis-Jenis Hutan di Indonesia Menurut Jenis Tanaman Penyusunnya :
  1. Hutan Homogen (Sejenis), yaitu hutan yang arealnya lebih dari 75 % ditutupi oleh satu jenis tumbuh-tumbuhan atau didominasi satu jenis tanaman. Misalnya: hutan pinus, hutan jati, dan hutan bakau.
  2. Hutan Heterogen (Campuran), yaitu hutan yang terdiri atas bermacam-macam jenis tumbuhan.

Demikian info mengenai Jenis-jenis Hutan di Indonesia. Semoga bermanfaat
http://hutantani.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar